06-09-2017.075151 | Dilihat : 137 x
Arsiparis Litbang HHBK Unggul di Tingkat KLHK




Mataram, 04/9/2017. Keberadaan arsip dalam suatu lembaga memiliki peranan yang sangat penting, sehingga harus di selamatkan dan dikelola dengan baik karena arsip merupakan sumber data atau informasi yang autentik dari suatu kegiatan atau aktivitas dan kinerja instansi dalam menjalankan tupoksinya. Karena ke autentikanya tersebut arsip dapat dijadikan sebagai bukti pertanggungjawaban dimasa kini dan yang akan datang.

Namun dalam praktiknya pengelolaan arsip tidak semudah yang diucapkan, tandas Alfu Mahar Syarofi. Fungsi yang penting tetapi sering diabaikan dalam penataan arsip adalah untuk menjamin kelestarian informasi yang terkandung didalam arsip adalah pemeliharaan dan perawatan fisik. Pasalnya dalam proses penyimpanan arsip yang disimpan akan mengalami kerusakan fisiknya yang secara otomatis merusak isi dan informasi yang terkandung di dalam arsip tersebut. Kerusakan arsip dapat disebabkan oleh berbagai faktor yakni biologis, fisik dan kimiawi. Disamping terdapat faktor lain seperti bencana alam, ganggungan serangga perusak kertas dan kerusakan akibat kelalian manusia itu sendiri baik disengaja maupun tidak.

Untuk menyiasati berbagai kemungkinan terjadinya kerusakan tersebut selain dengan menata dan merawat fisik arsip atau hardcoynya, Rofi (panggilan akrabnya) melakukan alih media arsip dalam bentuk digital yang mana dilakukan sebagai upaya untuk membackup informasi yang ada dalam fisik arsip apabila terjadi kerusakan atau kehilangan fisik arsipnya.

Dengan penataan/pengelolaan yang baik dan professional maka arsip sebagai sumber informasi dan bukti otentik kegiatan dari sebuah lembaga dapat ditemukan dengan cepat dan mudah. Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi dapat dipadukan dengan pengelolaan arsip yang dapat membantu proses penemuan kembali arsip dengan mudah dan cepat tersebut. Atas dasar itulah Rofi mengembangkan aplikasi Sistem pengelolaan arsip berbasis web di Balitbangtek HHBK tempat beliau bekerja. Aplikasi ini dirancang agar mempermudah proses penemuan kembali arsip dan juga monitoring penyimpanan dan penggunaan arsip serta surat-surat lainya. Selain itu untuk kedepanya aplikasi ini  dirancang bisa dioperasikan melalui android sehingga mempermudah pimpinan dalam mengakses arsip maupun mendisposisi surat masuk meskipun sedang berada diluar kantor .

Terobosan dan usaha yang dilakukanya membuahkan hasil selain memberikan kemudahan dalam pengelolaan dan penggunaan arsip di instansinya juga menjadikan beliau dinobatkan sebagai Arsiparis Teladan di Tingkat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diselenggarakan di Hotel Grand Savero Bogor  pada 6 Juli 2017 yang lalu dan membawa beliau mewakili Kementerian LHK maju pada pemilihan Arsiparis teladan Tingkat Nasional di Jakarta pada tanggal 15-19 Agustus 2017 yang lalu.

Penghargaan ini diharapkan dapat memberikan semangat untuk terus berkarya membesarkan nama baik instansi dan menjadi motivasi bagi yang lain untuk menciptakan terobosan-terobosan yang bermanfaat bagi sesame. (wd)

 Buku

 Galery Foto & Video

 Link Terkait




BALAI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI
HASIL HUTAN BUKAN KAYU
Jl. Dharma Bhakti, No. 7, PO-Box 1054, Ds. Langko, Kec. Lingsar,
Kab. Lombok Barat – NTB 83371, Telp. (0370) 6175552, Fax. (0370) 6175482