Responsive image Responsive image

Responsive image Responsive image
Responsive image


Berita Detail

dilihat 108x

Dalam Kehidupan Manusia perlu meneladani sebuah Pohon


Responsive image


Mataram 26 Maret 2018, Ada hal yang sedikit berbeda dari peringatan hari Bakti Rimbawan yang ke 35 tahun ini di Nusa Tenggara Barat, Pesan moral yang disampaikan TGH. Muzamil  saat pembinaan pegawai di halaman BPDAS Dodokan moyosari Jalan Majapahit No. 54 C Mataram sangat menyentuh hati seluruh Rimbawan.Pesannya adalah dalam kehidupan “Manusia perlu mengambil pelajaran dari sebuah pohon” begitu tandasnya. Pohon memiliki akar yang kuat dan menghujam ke dalam tanah, ini dianalogikan sebagai keyakinan yang kuat terhadap Allah Subhanahu Wataala. 

Menyadari bahwa hanya Allah tempat bersandar dan berlindung. Banyaknya ranting pohon menganalogikan seorang  manusia harus menjadi salah satu jalan kebaikan bagi manusia lainnya. Coba perhatikan dari setiap cabang dan ranting pohon akan tumbuh daun dan buah. Begitupun daun dan buah yang dihasilkan pohon bermanfaat bagi mahluk hidup lainnya. Ini menganalogika bahwa setiap manusia harus bermanfaat bagi sesama dan lingkungannya.“Seandainya kita tahu besok akan meninggal, jika masih ada biji tanaman digenggamnya maka hukumnya wajib untuk menanamnya”. Kewajiban berbuat baik itu kepada semua orang tidak memandang umur, dan akidah, Begitulah hukum islam.


Tandasnya.Dihadapan  seluruh rimbawan NTB, Ir. Madani Mukaram BSCF., M.si. mengingatkan bahwa untuk meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup demi kesejahteraan rakyat, perlu mengaktualisasikan  Sembilan dasar nilai pokok rimbawan, yaitu : jujur, tanggung jawab, ikhlas, displin, visioner, adil, kerjasama, professional dan peduli “Tanggungjawab pengelolaan hutan tidak mesti dibatasi dengan wilayah pengelolaan”. Jika ada gangguan keamanan hutan di wilayah Taman Nasional berbatasan dengan wilayah KPH dan diketahui oleh petugas KPH, maka hukumnya wajib bagi petugas KPH untuk menindaknya, setidaknya melaporkan langsung pada petugas TNGR, kan teknologi informasi sudah sangat mudah sekarang. Pungkasnya.

Selain pembinaan pegawai, untuk memeriahkan acara Hari Bakti Rimbawan ini juga dilakukan berbagai turnamen persahabatan beberapa cabang olahrahga seperti volley ball, badminton, futsal, tenis meja, tenis lapangan, catur dan kegiatan sosial lainnya seperti donor darah. Kegiatan ini rutin dilakukan untuk memupuk jiwa korsa Rimbawan dan meningkatkan kepedulian sosial.
 
;

Galery Foto & Video

Video


Foto
Responsive image Responsive image




Link Terkait

Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image