Responsive image Responsive image

Responsive image Responsive image
Responsive image


Berita Detail

dilihat 74x

ICRAF: KHDTK Rarung Potensial menjadi Pusat Informasi dan Diklat Kehutanan Agroforesty


Responsive image


BPPTHHBK, 27/9/2018. Pengelolaan hutan memiliki tujuan mulia yaitu untuk menjaga dan meningkatkan keseimbangan lingkungan yang di dalamnya terdapat masyarakat tumbuhan, hewan dan manusia. Dalam kontek masyarakat manusia sebagai mahluk sosial keberadaan hutan dituntut agar mampu menjadi sumber kehidupan dan penghasilan petani melalui pengelolaan hutan berkelanjutan. Contoh-contoh keberhasilan pengelolaan hutan dengan melibatkan masyarakat sangat perlu untuk disebarkan ke masyarakat luas, agar dapat menjadi contoh dan pemantik bagi para petani untuk diadopsi dan dikembangkan di tempat lain. Dalam upaya mendukung itu Wordl Agroforestry Center (ICRAF), diskusikan  potensi pengembangan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Rarung sebagai Pusat Informasi dan Pelatihan Kehutanan Agroforestry bertempat di Kantor Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Hasil Hutan Bukan Kayu (BPPTHHBK) di  Mataram-Lombok pada tanggal 26 September 2018 kemarin.

 

Dalam suasana diskusi yang cukup cair itu Kepala BPPTHHBK Bapak Bintarto Wahyu Wardani, M.Sc memberikan penjelaskan bahwa peran KHDTK sesuai dengan Peratuan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 15 Tahun 2018 tentang KHDTK, selain sebagai tempat penelitian dan pengembangan kehutanan, KHDTK untuk penelitian dan pengembangan juga sangat memungkinkan untuk dijadikan tempat pendidikan dan latihan kehutanan. Aturan tersebut, menjadi dasar hukum kami dalam menjalankan tupoksi mengelola KHDTK Rarung terutama dalam menjalankan fungsi pendidikan dan pelatihan. Karena  sebelum ada aturan tersebut, KHDTK Rarung hanya diperuntukan bagi kegiatan litbang. Walaupun dalam prakteknya KHDTK Rarung sejak lama telah menjadi sarana pembelajaran bagi mahasiswa, penyuluh dan masyarakat umum. Tandasnya. Begitupun dengan adanya peraturan tentang Perhutanan Sosial No. 83 tahun 2016 yang mewajibkan setiap pengelola kawasan hutan agar melalakukan pemberdayaan masyarakat setempat melalui kemitraan kehutanan, kami telah membina masyarakat sekitar terutama yang memiliki lahan garapan di KHDTK Rarung. Dukungan yang telah dilakukan diantaranya fasilitasi penguatan kelembagaan, peningkatan kapasitas kelompok sampai kepada membuka akses dengan NGO KEHATI untuk mendapatkan pendampingan lebih lanjut. Paparnya.

 

 

 

l

 

 

Dari penjelasan yang disampaikan Pak Bintarto dan pengelola KHDTK Rarung mengenai rencana dan program yang telah dan akan dilakukan , memberikan penguatan kepada tim ICRAF yang dihadiri oleh Bapak Aulia Perdana sebagai Project Leader Kanoppi2, bahwa KHDTK Rarung  sangat layak untuk dikembangkan menjadi pusat informasi, pendidikan dan latihan kehutanan dan Agroforestry.Endri Martini selaku pelaksana program penyuluhan pada kanoppi2 ICRAF memastikan bahwa akhir tahun ini ICRAF akan turut serta mengembangkan KHDTK Rarung dengan membangun pusat informasi dan pelatihan yang dapat diakses secara mudah oleh petani.BProgram penyuluhan yang akan dilakukan  ICRAF pedekatannya dari petani ke petani , kata Mbak Endri. Artinya kita memberdayakan petani yang memiliki kemampuan dan berpotensi untuk menjadi agen penyuluhan bagi petani yang lain. Imbuhnya. Pak Bintarto berharap agar ICRAF dapat mengisi kegiatan apa yang belum dilakukan BPPTHHBK dan membuka peluang bagi pengembangan pengelolaan dan pemanfaatan KHDTK Rarung ke depan sesuai dengan peraturan yang ada. Beliau juga menegaskan bahwa semua itu dapat dilakukan melalui kolaborasi yang kita bangun dengan tetap menjaga dan menjunjung tinggi identitas masing-masing lembaga. Bapak Aulia juga menambahakan, untuk meningkatkan kapasitas peneliti termasuk di BPPTHHBK,  ICRAF memiliki program pelatihan untuk meningkatkan kemampuan partisifasi research dan memberikan dukungan fasilitasi penerbitan publikasi hasil penelitian di jurnal-jurnal internasional. 

 

 

;

Galery Foto & Video

Video


Foto
Responsive image Responsive image




Link Terkait

Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image