Responsive image Responsive image

Responsive image Responsive image
Responsive image


Berita Detail

dilihat 142x

Balai Litbang Teknologi HHBK Berhak Untuk Melanjutkan Pembinaan PUI Tahun 2019


Responsive image


Mataram, 19 Desember 2019.  Forum apresiasi lembaga litbang tahun 2018 merupakan upaya Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam memberikan apresiasi terhadap lembaga litbang dalam lingkup litbang kementerian, non kementerian,  litbang daerah, dan litbang industri yang telah berkinerja unggul, inovatif dan berdaya saing.

Agenda tersebut merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan setiap akhir tahun kinerja. Pada tahun 2018, rangkaian forum apresiasi ini dilaksanakan tanggal 12 -14 Desember 2018 dengan acara puncak tanggal 13 Desember 2018 bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan. 

Rincian rangkaian acara apresiasi lembaga litbang tahun 2018 tanggal 13 Desember 2018, meliputi : Penganugerahan Badan Litbangda berkinerja utama tahun 2018; Apresiasi lembaga litbang industri inovatif tahun 2018; Penyerahan sertifikat akreditasi KNAPPP tahun 2018; Penandatanganan dokumen masterplan pembinaan Pusat Unggulan Iptek tahun 2019 -2021 dan Deklarasi pusat unggulan Iptek (PUI) tahun 2018.

Acara deklarasi pusat unggulan Iptek tahun 2018 merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh semua lembaga yang sudah atau pun sedang seleksi menjadi bagian dari keluarga PUI. 

Direktur Lembaga Litbang Kemenristekdikti, Kemal Prihatman menyampaikan bahwa deklarasi ini bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap lembaga litbang yang layak untuk ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek. Penilaian kelayakan penetapan didasarkan pada hasil penilaian terhadap lembaga litbang baik melalui proses pembinaan maupun seleksi PUI tahun 2018 Tandasnya.

Resti Wahyuni, S.Si., M.Si selaku Sekretaris PUI Bio Prospeksi Sumberdaya Hutan Bukan Kayu menjelaskan bahwa Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Hasil Hutan Bukan Kayu (BPPTHHBK) merupakan lembaga yang lolos seleksi PUI tahun 2017 dengan status pembinaan. Tahun 2018 merupakan tahun pembinaan pertama bagi BPPTHHBK. 

Target bagi lembaga yang dibina untuk menjadi PUI yaitu harus dapat memperoleh status penetapan PUI dalam waktu 3 tahun pembinaan. Status penetapan PUI diberikan jika lembaga mampu memperoleh nilai borang diatas 850 dan telah terakreditasi minimal ISO, papar Resti.

BPPTHHBK pada tahun pertama pembinaan berusaha meningkatkan nilai dari tahun sebelumnya yaitu 748 poin. Seiring berjalannya waktu dan adanya gempa bumi Lombok sedikit banyak mempengaruhi kinerja BPPTHHBK termasuk kinerja PUI. Beberapa target tidak dapat dipenuhi karena rusaknya bangunan kantor dan sarana prasarana lainnya. 

Dengan memaksimalkan sumber daya yang ada, BPPTHHBK berhasil melalui masa-masa monitoring evaluasi yang dilakukan oleh sekretariat PUI sekaligus juga mengisi borang sesuai panduan teknis yang telah tersedia.

Atas berkat rahmat Allah SWT serta kerjasama dan usaha yang keras dari semua pegawai, akhirnya BPPTHHBK berhasil mempertahankan nilai borang diatas 700 poin (mencapai 703) meskipun belum dapat memenuhi kriteria untuk penetapan sebagai PUI. Dengan dicapainya poin di atas 700 maka BPPTHHBK berhak untuk melanjutkan pembinaan PUI tahun 2019. (RW)

 

;

Galery Foto & Video

Video


Foto
Responsive image Responsive image




Link Terkait

Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image