Responsive image Responsive image

Responsive image Responsive image
Responsive image


Berita Detail

dilihat 51x

Dinas Kehutanan Jawa Barat Melakukan Study Komparasi Pengelolaan HHBK di BPPTHHBK


Responsive image


Mataram, 17/10/2019, sejauh ini Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Hasil Hutan Bukan Kayu (BPPTHHBK) telah melakukan penelitian dan pengembangan HHBK dan telah mengaplikasikan penelitian dan pengembangan HHBK di KHDTK Rarung dan KHDTK Nusa Penida, belajar dari pengalaman BPPTHHBK, Rabu (16/10/2019), Dinas kehutanan Jawa Barat berkunjung ke BPPTHHBK dalam rangka study komparasi pengelolaan HHBK. Kepala Cabang Dinas kehutanan Wilayah IX, Adji Sumarwan, SP., M.M menjelaskan kedatangan mereka untuk silaturahmi sekaligus belajar pengelolaan HHBK di BPPTHHBK, beliau menjelaskan masalah terbesar yang dihadapi oleh para kelompok tani hutan adalah masalah lahan, sebagian besar mereka hanya mengelola lahan yang tidak lebih dari 0,25 ha. Sehingga untuk meningkatkan pendapatan mereka dibutuhkan terobosan baru yang salah satunya dari tanaman HHBK yang ditanam di bawah tegakan tanaman hutan. Dengan penanaman tanaman HHBK tersebut diharapkan slogan “hutan lestari dan masyarakat sejahtera” yang selama ini digaungkan dapat tercapai.

Kepala Balai BPPTHHBK, Bintarto Wahyu Wardani, S.Hut., M.Sc menyambut baik kedatangan rombongan Dinas kehutanan Jawa Barat, Beliau memaparkan penelitian dan pengembangan HHBK yang telah dilakukan BPPTHHBK. HHBK andalan seperti gaharu, cendana, madu, bambu, rumput ketak telah diteliti dan dikembangkan di KHDTK Rarung dan KHDTK Nusa Penida. BPPTHHBK siap membantu Dinas kehutanan Jawa Barat dalam pengelolaan HHBK, yaitu dengan mengirim peneliti untuk melakukan pelatihan/ alih teknologi kepada para petani hutan di Jawa Barat. Kepala Seksi Data, Informasi dan Sarana Penelitian BPPTHHBK, Wawan Darmawan, S.Hut., M.Si mempresentasikan “Gawah Bumi Gora”. Gawah Bumi Gora merupakan kepanjangan dari Galeri Wana Hasil Litbang : Bambu, Madu koloni Lebah, Gaharu, Obat dari Tanaman, Rusa, Agroforestri. Brand “Gawah Bumi Gora” merupakan representasi hasil litbang BPPTHHBk yaitu : bambu, lebah madu, gaharu, tanaman obat hutan, rusa dan agroforestri. Agar hasil litbang tersebut cepat dan mudah diterima oleh “user”, menarik untuk dipelajari dan dimanfaatkan oleh “user” maka diperlukan inovasi dalam diseminasinya. Dalam acara ini diadakan sesi tanya jawab oleh Dinas Kehutanan Jawa Barat yang dijawab oleh para peneliti BPPTHHBK. Dengan adanya study komparasi ini diharapkan dapat mempererat kerjasama antara Dinas kehutanan Jawa Barat dengan BPPTHHBK dan hasilnya dapat diaplikasikan oleh Dinas kehutanan Jawa Barat sehingga slogan “hutan lestari dan masyarakat sejahtera” bukan hanya sekedar slogan tetapi dapat direalisasikan. (AN)     

;

Galery Foto & Video

Video


Foto
Responsive image Responsive image




Link Terkait

Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image