Responsive image Responsive image

Responsive image Responsive image
Responsive image


Berita Detail

dilihat 76x

PELATIHAN BUDIDAYA BAMBU DI HUTAN PENELITIAN BPPTHHBK, KHDTK RARUNG


Responsive image


BPPTHHBK memfasilitasi kegiatan pelatihan budidaya bambu sesuai permintaan Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Rinjani Barat Pelangan Tastura. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 6 November 2018 bertempat di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Rarung, Lombok Tengah. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terkait dengan program Pengelolaan Bambu Lestari. Pelatihan sehari tersebut diikuti sebanyak 25 orang peserta yang semuanya merupakan tenaga mandor pemberdayaan di lapangan binaan BKPH Rinjani Barat Pelangan Tastura.

Pelatihan dibuka oleh pengelola kawasan KHDTK Rarung Bapak Triko Slamet, M.Ak. yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa memilih kawasan KHDTK Rarung sebagai lokasi pelatihan bambu sangat tepat karena kawasan ini memiliki demplot tanaman bambu seluas 15 ha, dengan jenis bambu petung, tabah, galah, tali dan bambu tamiang. Sementara itu Kepala Seksi Perencanaan, Pemanfaatan Hutan dan Pemberdayaan Masyarakat BKPH Rinjani Barat Pelangan Tastura Ibu Bq. Sri Wahyu Hidayati, M.Si mengharapkan kepada para peserta agar serius selama pelaksanaan kegiatan sehingga nantinya dapat disosialisasikan kepada kelompok di wilayahnya masing-masing. Pelatihan dibagi dalam dua tahap, yaitu penyampaian materi oleh dua narasumber yaitu peneliti BPPTHHBK M. Hidayatullah, M.Si yang terkait dengan budidaya bambu secara umum serta budidaya bambu petung (Dendrocalamus asper) dan teknisi BPTHHBK Abdul Jafar Maring, S. Hut yang terkait dengan budidaya bambu tabah (Gigantochloa nigrocialita). Tahap pelaksaan praktek di lapangan, mulai dari pemilihan batang atau cabang untuk stek, pemotongan stek, penanaman dipersemaian, serta praktek pemotongan stek setelah berakar.  Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan, yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan baik selama penyampaian materi maupun saat praktek di lapangan. (MH)

;

Galery Foto & Video

Video


Foto
Responsive image Responsive image




Link Terkait

Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image