Responsive image Responsive image

Responsive image Responsive image
Responsive image


Berita Detail

dilihat 42x

Perkuat Kualitas Publikasi, BPPTHHBK Menghela Workshop Analisis Kemometrik


Responsive image


MATARAM, BPPTHHBK- Kemampuan analisis penelitian sangat menentukan kualitas hasil penelitian. Oleh karena itu peningkatan kapasitas SDM peneliti dan teknisi dalam melakukan analisis penelitian menjadi sangat  vital. Posisi BPPTHHBK sebagai lembaga Pusat Unggulan Iptek (PUI) semakin menguatkan pentingnya kemampuan akan analisis penelitian. Untuk mendukung keberadaanya sebagai pusat unggulan iptek dengan fokus riset dalam bioprospeksi tumbuhan obat dari hutan, BPPTHHBK menyelenggarakan workshop analisis kemometrik. Analisis kemometrik adalah pendekatan analisis kimia dengan menggunakan perangkat statistik. Prinsip statistik dipakai dalam merancang prosedur dan eksperimen analisis, dan untuk memberikan informasi kimiawi dari analisis kimiawi yang dilakukan. 

Workshop ini dilaksanakan pada Jum’at-Sabtu, 13-14 Desember 2019 dengan mengambil tempat di Hotel Lombok Raya. Acara ini dihadiri oleh para peneliti dan teknisi lingkup BPPTHHBK, serta tamu undangan dari Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Mataram, Program Studi Kehutanan Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA), dan dari Program Studi Farmasi Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT). Workshop ini menghadirkan dua orang narasumber dari Pusat Studi Biofarmaka Tropika Institut Pertanian Bogor (IPB). Dr. Waras Nurcholis, S.Si., M.Si. dan Dr. Mohamad Rafi, S.Si., M.Si. pada hari pertama Dr. Waras membawakan materi tentang kemometrik dan aplikasinya dalam penelitian, sementara Dr. Rafi mengampu materi dasar-dasar kemometrik. Sementara itu pada hari terakhir, kedua narasumber memandu materi secara bersamaan dengan materi praktik analisis kemometrik. Materi ini dijalankan dengan menggunakan aplikasi RStudio dan Xstat. RStudio lebih banyak menggunakan bahasa pemrograman sehingga peserta dituntut memiliki pemahaman bahasa pemrograman R dalam aplikasi RStudio. Pasca pelaksanaan workshop ini, peserta diharapkan mampu mengaplikasikan analisis kemometrik dalam penelitian yang dilakukan dan mampu meningkatkan kualitas publikasi. Dengan demikian hasil-hasil penelitian akan dapat dirasakan manfaatnya oleh khalayak yang lebih luas. (HSN)

;

Galery Foto & Video

Video


Foto
Responsive image Responsive image




Link Terkait

Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image