Responsive image Responsive image

Responsive image Responsive image
Responsive image


Berita Detail

dilihat 232x

MENUTUP TAHUN 2019 DENGAN PELATIHAN BUDIDAYA KELULUT DI DESA PEMEPEK, LOMBOK TENGAH


Responsive image


Pemepek-BPPTHHBK. Pelatihan budidaya kelulut di desa Pemepek, Kec. Pringgarata, Lombok Tengah merupakan pelatihan pertama yang dilakukan di wilayah Lombok Tengah. Kegiatan ini diikuti peserta dari wilayah sekitar desa Pemepek sebanyak 20 orang. Sebagian besar peserta didominasi oleh kaum pria dan hanya 1 orang perempuan yang mengikuti kegiatan pelatihan. Acara awal diisi sambutan dari pihak penyelenggara yang diwakili oleh sekretaris desa. Materi yang disampaikan dibagi menjadi 2 hari, hari pertama diisi dengan teori dan dilanjutkan praktek untuk hari kedua. Hari pertama diisi materi Budidaya Kelulut yang disampaikan oleh Septiantina Dyah R dan hari selanjutnya diisi dengan praktek pemindahan koloni dari lokasi alami ke stup, teknik pemanenan lestari dan teknik pemecahan koloni yang dipandu oleh Ramdiawan.

Materi pelatihan meliputi faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam usaha budidaya kelulut, teknik budidaya, dan analisis usaha sederhananya. Usaha budidaya kelulut sedang menggeliat di Lombok Tengah karena daerah ini memang baru dan akan menangani dengan serius terkait usaha budidaya ini. Respon masyarakat sangat positif dan akan mengembangkan usaha budidaya kelulut ini semaksimal mungkin. Materi pemecahan koloni menjadi materi yang menarik karena diharapkan dengan menguasai teknik ini akan menambah jumlah kepemilikan koloni tanpa mengganggu koloni alami di alam. Semoga setelah pelatihan budidaya kelulut ini dapat memberikan pengetahuan dan masyarakat mampu mengembangkan usaha budidaya untuk menambah penghasilan (SD)

;

Galery Foto & Video

Video


Foto
Responsive image Responsive image




Link Terkait

Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image