Responsive image Responsive image

Responsive image Responsive image
Responsive image


Berita Detail

dilihat 102x

BPPTHHBK GELAR WORKSHOP MENUJU LABORATORIUM TERSTANDARISASI


Responsive image


Salah satu dampak yang dirasakan di era Revolusi Industri 4.0 adalah mudahnya mendapatkan informasi spesifikasi dan mutu produk. Hal tersebut lalu juga memengaruhi perilaku dan preferensi konsumen yang menginginkan prasyarat terhadap suatu produk tertentu. Seiring dengan permintaan konsumen terhadap informasi mutu produk membuat kebutuhan terhadap laboratorium yang dapat menjamin mutu produk menjadi tinggi pula. Maka, laboratorium yang berkualitas, memiliki jaminan mutu dan terstandarisasi secara nasional dan global menjadi sebuah keniscayaan. Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Hasil Hutan Bukan Kayu sebagai lembaga Pusat Unggulan Iptek (PUI) Bioprospeksi Sumberdaya Hutan Bukan Kayu menyadari sepenuhnya kondisi ini. Maka dalam rangka menyiapkan diri untuk membangun dan menyediakan laboratorium yang terstandar dan mampu menjamin mutu produk hasil hutan bukan kayu khususnya, BPPTHHBK menggelar workshop Tata Kelola Laboratorium pada tanggal 25 November 2019 di Hotel Lombok Raya.

Dr. Waras Nurcholis yang menjadi narasumber acara workshop menjelaskan bahwa konsep utama menuju laboratorium terstandar adalah pada aspek organisasi laboratorium yang kuat. Organisasi laboratorium yang kuat dan baik akan dapat memberikan informasi mutu yang sistematis dan transparan pada publik. Organisasi laboratorium yang baik biasanya juga akan memiliki kualifikasi Good Laboratory Practice (GLP) yang setidaknya memiliki 10 prinsip sebagai indikator. Pemerintah Indonesia sendiri telah berupaya mengatur standar mutu laboratorium nasional dengan ISO 17025 tahun 2017. Secara umum ISO tersebut memberikan persyaratan umum laboratorium terstandar memiliki kualifikasi ketidakberpihakan dan kerahasiaan. Workshop yang dihadiri oleh peneliti, pengelola laboratorium, teknisi, serta dosen baik dari BPPTHHBK sendiri maupun dari berbagai perguruan tinggi seperti: Universitas Mataram dan Universitas Pendidikan Mataram. Acara ini disambut positif oleh para peserta yang sebagian besar adalah pengelola laboratorium di instansi masing-masing. Pasca kegiatan tersebut, berbagai langkah dan rencana telah tergambar di benak peserta untuk segera menghadirkan laboratorium bermutu tinggi dengan standar nasional dan global di Kota Mataram. (AS)

;

Galery Foto & Video

Video


Foto
Responsive image Responsive image




Link Terkait

Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image