Responsive image Responsive image

Responsive image Responsive image
Responsive image


Berita Detail

dilihat 71x

Vanili Si Emas Hijau Yang Kilaukan KHDTK Rarung


Responsive image


KHDTK Rarung menjadi sarana berguru para peminat tanaman vanili di sekitar kawasan hutan. Vanili merupakan salah satu komoditas ekspor Indonesia yang cukup potensial. Nilai jualnya yang tinggi menjadikan komoditas ini dijuluki sebagai “emas hijau”. Vanili dihasilkan dari tanaman jenis Vanilla planifolia yang sering juga di panggil dengan sebutan “tanaman vanili”. Tanaman ini merupakan salah satu anggota keluarga angrek-anggrekan. Karakter tanamannya yang merambat dan toleran terhadap naungan menjadi suatu keuntungan apabila dikembangkan dibawah tegakan pohon hutan seperti halnya di kawasan KHDTK Rarung. Salah satu program pembinaan yang dilakukan BPPTHHBK terhadap petani penggarap lahan dikawasan KHDTK Rarung melalui bantuan bibit tanaman vanili, kini telah berhasil memberikan hasil yang menggembirakan. Budidaya tanaman vanili yang dilakukan salah satu petani penggarap lahan dibawah tegakan Rajumas telah menarik banyak pihak untuk belajar tentang cara bertani tanaman vanili yang tepat.

Uji Ahmad Ridwan atau yang sering dipanggil “Amaq mia”, salah seorang petani penggarap di kawasan KHDTK Rarung memberikan penjelasan dan mempraktekan cara budidaya tanaman vanili bagi peserta “pelatihan budidaya vanili desa Pemepek”. Beliau berhasil mengembangkan tanaman vanili dilahan garapannya dan telah terbukti menghasilkan tambahan pendapatan yang cukup menjajikan.  Cerita Pelatihan budidaya vanili tahun 2019 dilaksanakan oleh Desa Pemepek, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah. Pelatihan ini sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat terutama disektor pertanian agar mampu meningkatkan kemampuan dan minat para petani terhadap pengembangan komoditas-komoditas yang potensial, salah satunya jenis vanili. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari terdiri dari satu hari materi dikelas dan satu hari materi praktek dilapangan. Lebih dari 15 orang peserta berpartisipasi yang sebagian besar berprofesi sebagai petani di desa Pemepek. 

KHDTK Rarung sebagai mitra kerjasama dengan desa Pemepek merasa perlu berpartisipasi melalui menyediakan fasilitas lokasi pelatihan praktek lapangan dan mengirimkan staff peneliti serta salah satu petani binaan sebagai instruktur pelatihan. Materi yang disampaikan berupa materi kelas dengan tema “Pengenalan tanaman vanili” dan “Budidaya tanaman vanili”, sedangkan materi praktek lapangan berupa pembuatan tanaman vanili hingga penyerbukan dan pemanenan. Setelah dari pelatihan diharapkan para peserta dapat mengaplikasikan ilmu tentang budidaya tanaman vanili secara baik dan tepat. Sedangkan bagi KHDTK Rarung, hasil pelatihan ini diharapkan memberikan manfaat dapat terus membina hubungan kerjasama yang baik dengan desa Pemepek sebagai salah satu desa terdekat sekitar kawasan. Manfaat lain yang diharapkan adalah hasil pelatihan ini dapat memacu semangat petani penggarap yang lain untuk dapat mencontoh keberhasilan bapak Uji dalam mengembangkan tanaman vanili sehingga dapat meningkatkan pendapatan melalui lahan garapannya di kawasan KHDTK Rarung. 

 

 

 

;

Galery Foto & Video

Video


Foto
Responsive image Responsive image




Link Terkait

Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image