Responsive image Responsive image

Responsive image Responsive image
Responsive image


Berita Detail

dilihat 88x

LEBAH HUTAN JUGA BERMIGRASI


Responsive image


Tidak seperti jenis lebah lainnya, lebah hutan (Apis dorsata) merupakan jenis lebah yang belum dapat dibudidayakan hingga saat ini.  Lebah jenis dikenal sebagai salah satu penghasil madu terbesar diantara jenis-jenis lebah lainnya.  Nilai ekonomi yang cukup tinggi, menyebabkan banyak warga yang melakukan perburuan madu hutan baik secara perorangan maupun secara berkelompok. Lebah hutan dalam periode waktu tertentu akan melakukan migrasi untuk membentuk koloni yang baru. Informasi ini penting untuk mendukung proses perburuan madu hutan terutama dalam menentukan musim dan tata waktu panen madu bagi pemburu madu hutan sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal. Migrasi (perpindahan tempat) merupakan salah upaya yang dilakukan satwa untuk menjaga eksistensinya. Terdapat banyak hewan yang dapat melakukan migrasi seperti mamalia, burung, reptil, serangga, ikan serta beberapa jenis satwa lainnya.  Untuk lebah hutan, migrasi dapat terjadi karena berbagai penyebab antara lain karena adanya perbanyakan koloni secara alami, kondisi alam yang ekstrim maupun dapat disebabkan oleh adanya aktifitas manusia yang mengganggu.

Waktu migrasi juga sangat ditentukan oleh musim berbunga tanaman (pohon) yang menjadi pakan lebah.  Pada saat disekitar tempatnya membuat sarang sudah tidak tersedia pakan yang cukup, sehingga koloni lebah akan berpindah menuju tempat baru yang menyediakan pakan untuk yang cukup untuk berkembangbiak dan membangun koloni. Periode migrasi lebah hutan dapat berbeda pada setiap lokasi, sesuai waktu pembungaan jenis-jenis tanamana pakannya, bahkan untuk jenis yang sama dapat terjadi perbedaan waktu pembungaan karena faktor sitenya. Aktifitas lebah dalam mencari pakan maupun bermigrasi dapat terjadi sepanjang hari, mulai pagi sekitar pukul 07.00  sampai dengan sore menjelang malam.  Namun berdasarkan penelitian di lapangan, lebah paling banyak dijumpai beraktifitas antara pukul 09.00-10.00.  Pada saat hujan tidak dijumpai adanya pergerakan lebah baik dalam migrasi maupun mencari pakan.Informasi tentang periode migrasi lebah hutan, waktu pembungaan pakan lebah di Sumbawa maupun kondisi habitat lebah hutan di Sumbawa dapat membaca tulisan Kajian Migrasi Lebah Hutan Sumbawa Di Kphp Batulanteh Sumbawa yang telah terbit pada Jurnal Faloak Volume 3 No 2 tahun 2019 à http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPKF/article/view/5294 (dyt).

;

Galery Foto & Video

Video


Foto
Responsive image Responsive image




Link Terkait

Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image