Responsive image Responsive image

Responsive image Responsive image
Responsive image


Berita Detail

dilihat 85x

KONTRIBUSI BPPTHHBK DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN KELULUT DI WILAYAH KPH PELANGAN TASTURA


Responsive image


Sekotong-Lombok Barat. Wilayah Pelangan merupakan salah satu kawasan administratif di bawah KPH Pelangan Tastura. KPH ini terbagi menjadi 3 resort yaitu Resort Pelangan Barat, Resort Pelangan Tengah dan Resort Pelangan Timur. Kawasan ini merupakan kawasan yang identik dengan lahan kering dan tidak produktif. KPH berusaha untuk memfasilitasi masyarakat di sekitar kawasan agar mampu meningkatkan kesejahteraan hidupnya dengan memanfaatkan lahan yang tidak produktif menjadi lahan yang menghasilkan. Salah satu kegiatan yang mulai digalakkan adalah budidaya kelulut atau lebah tanpa sengat. Usaha ini sedang menjadi tren di wilayah Sekotong dan banyak masyarakat yang mencoba baik melalui pembinaan dari KPH maupun belajar secara mandiri. Agar budidaya kelulut dapat lebih berkembang maka perlu adanya keterlibatan hasil penelitian di dalamnya. Hasil penelitian kelulut diharapkan bisa menjadi pondasi dasar untuk pengelolaan yang lebih terstruktur dan terarah. Dalam hal ini KPH mengajak BPPTHHBK untuk berkontribusi dengan mengidentifikasi jenis kelulut yang potensial dan cocok di wilayah Sekotong.  

Pengambilan sampel kelulut dilakukan di 3 titik yaitu KTH Madu Sekotong (Resort Pelangan Barat), KTH Maju Jaya (Resort Pelangan Barat), dan KTH Kertasari Asmaul Husna (Desa Buwun Mas). Masing-masing lokasi diambil 3 sampel koloni kelulut yang berbeda. Sampel diawetkan di dalam alkohol 70%. Proses identifikasi dilakukan di kantor Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi HHBK Mataram. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui jenis kelulut yang sudah dibudidayakan oleh masyarakat agar pengelolaan selanjutnya mempunyai arah yang jelas. Misalnya ketika ingin menghasilkan produk madu lebih banyak maka jenis tanaman pakan yang ditanam adalah tanaman penghasil nektar, jika ingin menghasilkan getah lebih banyak maka perbanyak tanaman penghasil getah dan jika ingin polen yang dihasilkan lebih banyak maka perbanyak tanaman penghasil serbuk sari. Semoga kegiatan ini mampu memberikan hasil yang memuaskan sebagai dasar pengembangan usaha budidaya kelulut selanjutnya di daerah Sekotong. (SD)

              

;

Galery Foto & Video

Video


Foto
Responsive image Responsive image




Link Terkait

Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image