Responsive image Responsive image

Responsive image Responsive image
Responsive image


Berita Detail

dilihat 56x

Perempuan Tangguh di Kawasan Hutan


Responsive image


Rimbunnya pepohonan, tak menyurutkan semangatnya untuk mencari sumber penghidupan dari kawasan hutan. Perlahan sosok perkasa itu muncul dari ujung jalan setapak, membawa sekeranjang buah-buahan, rumput, atau kayu bakar di atas kepalanya. Tak sedikitpun terlihat lelah di wajahnya. Senyum tersungging dari mulutnya, disertai sapaan ramah kepada siapa saja yang ditemuinya. Perempuan tangguh itu ada di kawasan hutan. Program perhutanan sosial yang digalakkan pemerintah semakin memberikan kemudahan bagi mereka untuk dapat mengakses hasil hutan bukan kayu dari kawasan hutan. Terlebih di masa sulit seperti sekarang ini. Bukan hanya untuk penggunaan sendiri, namun juga untuk menopang hidup melalui setiap rupiah yang dihasilkannya. 

 

Pendapatan dari kawasan hutan mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi masyarakat. Hasil kajian Nandini et al.(2019) menyebutkan bahwa kontribusi dari HKm mencapai 55,58%. Kontribusi terbesar adalah dari pisang, kopi dan durian. Secara keseluruhan, tanaman pisang memberikan kontribusi rata-rata 54,8%, kopi 11,3% dan durian 8,6%, sedangkan 25,3% sisanya berasal dari berbagai produk lain seperti alpukat, kelapa, nangka, sirih, pakis dan kayu bakar.

 

;

Galery Foto & Video

Video


Foto
Responsive image Responsive image




Link Terkait

Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image