Responsive image Responsive image

Responsive image Responsive image
Responsive image


Berita Detail

dilihat 112x

Identifikasi Jenis Kelulut di Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi HHBK


Responsive image


Kelulut merupakan lebah tak bersengat yang saat ini sedang banyak digali informasinya. Salah satu aspek yang diteliti adalah jenis kelulut yang ditemukan pada suatu daerah. Untuk mengetahui jenis kelulut perlu dilakukan identifikasi jenisnya. Identifikasi adalah proses atau cara pemberian nama pada individu atau sekelompok individu setelah dilakukan pengklasifikasian (Tegmina 2012). Teknik identifikasi pada serangga dengan melihat morfologinya dapat dilakukan dengan lima teknik yaitu menanyakan kepada ahlinya, membandingkan dengan koleksi yang ada di musium, identifikasi dengan membandingkan gambar, membandingkan dengan deskripsi dan menggunakan kunci determinasi (Borror et al. 1992). Untuk serangga yang sangat kecil, proses identifikasi dapat dilakukan dengan menggunakan DNA dan diproses secara molekular (Hidayat et al. 2004). 

Identifikasi jenis kelulut di Pulau Lombok dapat dilakukan di Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Hasil Hutan Bukan Kayu dengan cara melihat morfologi dari spesimen kemudian dibandingkan dengan gambar dan kunci determinasi. Sebelum membandingkan, perlu dilakukan kegiatan preservasi sampel terlebih dahulu. Sampel yang diawetkan di dalam alkohol direlaksasi dengan cara merentangkan sayapnya kemudian ditusuk di bagian toraks (dada) sebelah kanan dengan menggunakan jarum serangga berenamel dengan ukuran 000. Setelah sampel kaku maka langkah selanjutnya adalah pemberian label untuk memudahkan dalam proses identifikasi. Sampel yang sudah siap akan dilihat dibawah mikroskop dengan perbesaran 10x untuk melihat secara lebih detil bagian tubuh yang akan diidentifikasi.

Proses identifikasi kelulut membutuhkan kesabaran dan ketelitian karena sampel yang dihadapi berukuran sangat kecil. Menjaga keutuhan bagian tubuh sampel serangga juga merupakan syarat wajib agar proses identifikasi dapat berjalan dengan lancar. (SD)

;

Galery Foto & Video

Video


Foto
Responsive image Responsive image




Link Terkait

Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image