Responsive image Responsive image

Responsive image Responsive image
Responsive image


Berita Detail

dilihat 23x

KADO TERINDAH MENYAMBUT HARI KESAKTIAN PANCASILA


Responsive image


Pagi hari ba'da subuh seperti biasa Pak Adnan penjaga penangkaran Rusa (cervus timorensis timorensis) di KHDTK Rarung mengunjungi kandang pedok untuk mengamati kondisi hewan peliharaannya. Beliau terkaget campur bahagia melihat seekor bayi rusa telah terlahir. Kelahirannya lebih cepat 1 minggu dari perkiraannya. Bayi rusa betina itu lahir pada 29 September 2020 menjelang hari bersejarah bagi bangsa Indonesia yaitu hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober. Bayi rusa dengan berat 2250 gram, panjang 35 cm dan tinggi 35 cm diberinama "Sila" untuk memudahkan mengingat hari lahirnya yang berdekatan dengan hari Kesaktian Pancasila.

Pada tahun 2014 lalu jumlah rusa di KHDTK Rarung sampai 25 ekor. Namun Untuk kepentingan kelestarian dan pengembangan penangkaran rusa sekitar 21 ekor lainnya diserahkan ke BKSDA NTB, kemudian disebar ke tempat penangkaran lain yaitu ke Suranadi, Sekotong dan Gunung Tunak. Sehingga jumlah rusa yg ditinggalkan di KHDTK Rarung tersisa 4 ekor.

Dengan lahirnya “Sila” jumlah rusa yang ada di KHDTK Rarung menjadi 5 ekor, terdiri dari 1 pejantan dan 4 betina. Rusa timor merupakan satwa langka yang keberadannya dilindungi undang-undang. Bagi masyarakat NTB, kelestarian rusa ini sangat penting karena satwa ini merupakan fauna identitas yang menjadi maskot pemerintah Provinsi NTB.

Selamat menjalani dunia baru “Sila”...

;

Galery Foto & Video

Video


Foto
Responsive image Responsive image




Link Terkait

Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image