Responsive image Responsive image

Responsive image Responsive image
Responsive image


Berita Detail

dilihat 141x

Sosialisasi Survey Evaluasi Lingkungan Pengendalian SPIP Online


Responsive image


Mataram, 14 Desember 2020, Balitbangtek HHBK menggelar sosialisasi pelaksanaan Survey Evaluasi Lingkungan Pengendalian Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) secara Online. Acara dihadiri oleh seluruh pegawai yang ada dilingkungan unit kerja Balitbangtek HHBK. Bintarto Wahyu Wardani, S.Hut, M.Sc selaku Kepala Balai Balitbangtek HHBK, dalam arahannya menyampaikan pentingnya peran SPIP dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran organisasi serta untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Beliau menegaskan bahwa penerapan SPIP harus menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya pimpinan unit kerja tetapi juga harus menjadi tanggungjawab seluruh masing-masing individu ASN. 

sosialisasi teknis pengenalan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Online dan survey penilaian SPIP lingkup Balitbangtek HHBK disampaikan oleh Kasubag TU Balitbangtek HHBK M. Varis Imron, S.ST selaku ketua satgas SPIP.

Lingkungan pengyendalian adalah kondisi di dalam Instansi Pemerintah yang mempengaruhi efektivitas pengendalian intern. Pimpinan Instansi Pemerintah dan seluruh pegawai harus menciptakan dan memelihara lingkungan dalam keseluruhan organisasi yang menimbulkan perilaku positif dan mendukung terhadap pengendalian intern dan manajemen yang sehat.

Pimpinan Instansi Pemerintah wajib menciptakan dan memelihara lingkungan pengendalian yang menimbulkan perilaku positif dan kondusif untuk penerapan Sistem Pengendalian Intern dalam lingkungan kerjanya. Hal itu dilakukan melalui penegakan integritas dan nilai etika, komitmen terhadap kompetensi, kepemimpinan yang kondusif, pembentukan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan, pendelegasian wewenang dan tanggungjawab yang tepat, penyusunan dan penerapan kebijakan yang sehat tentang pembinaan sumber daya manusia, perwujudan peran aparat pengawasan intern pemerintah yang efektif, dan hubungan kerja yang baik dengan Instansi Pemerintah terkait. Pelaksanaan survey Evaluasi Lingkungan Pengendalian SPIP lingkup satker Balitbangtek HHBK tahun ini telah dijadwalkan untuk dilaksanakan setelah acara sosialisasi ini yaitu pada tanggal 15-30 Desember 2020. Target responden yang terlibat dalam survey ini sebanyak 50 orang yang terdiri dari 33 orang ASN dan 17 Tenaga Kontrak. Masing-masing responden telah diberikan Username dan password untuk mengakses SPIP online pada laman https://simawas.itjen.menlhk.go.id/.

;

Galery Foto & Video

Video


Foto
Responsive image Responsive image




Link Terkait

Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image